Minggu, 07 Maret 2010

Riwayat GNR



Boleh dikatakan band GNR adalah band yang mewakili aliran metal dengan gaya panggung yang agresif dan spirit rock. Sampai saat ini pun GNR selalu dinantikan kehadirannya meski kondisi internal band ini berantakan dan dapat dikatakan secara de facto bahwa band ini telah bubar.
GNR didirikan tahun 1985 oleh 2 orang yaitu (Traci Guns (gitar) dari group LA GUNS & W. Axl Roses (vokal) dari group HOLLYWOOD ROSES) mereka membuat nama group band ini sesuai dengan gabungan nama merfka yaitu (GUNS N' ROSES) tapi sebelum memasuki dapur rekaman Traci Guns cabut dari GNR untuk menghidupkan kembali group lamanya yaitu La Guns.

Tapi GNR masih tetap bertahan dengan formasi [Axl Roses (vokal), Steven Adler (drum), Izzy Stradlin (gitar), Duff McKagan (bass), dan (gitaris) baru pengganti Traci Guns yaitu Slash. Tahun 1986 mereka merilis album mini & dan mengantarkan mereka pada penandatanganan kontrak dengan Geffen Rekords. Appetite For Destruction (1987) album perdananya. album ini sukses besar dengan MTV aktif menayangkan klip Sweet Child O' Mine dan menanamkan image band mereka sebagai band yang metal agresif dan keras. Appetit menjadi nomor satu dan band GNR menjadi salah satu band terbesar di dunia. Album GNR Lies (1988) sebenarnya adalah album mini pertama mereka dan ditambahkan empat lagu akustik baru. Album ini laris dengan lagu Patience sebagai hits andalannya. 1990 bulan oktober, menggarap album baru, dengan alasan kecanduan narkoba Steven Adler dikeluarkan dan digantikan oleh (Matt Sorum dari Cult), dan ditambah (Dizzy Reed sebagai keyboard) akhirnya band ini berhasil membuat dua album Use Your Illusion 1 dan 2 (1991) stelah tertunda setahun. Setelah pembuatan album ini selesai Izzy cabut dengan alasan untuk bersolo karier dan digantikan oleh (Gilby Clarke). Dan sayang sekali GNR harus kehilangan penulis terbaiknya. Sebenarnya Izzy cabut dari GNR karena tidak suka dengan attitudnya Axl. pada waktu GNR tour Use Your Illusion 1 & 2. Axl sampai berjam-jam menelfon Izzy dan merayu-rayu agar Izzy nggak jadi cabut dri GNR, dan bisa bergabung lagi dengan GNR, tpi Izzy tetap nggak mau dan tetap memilih cabut dari GNR. Album ini melejitkan hits, Don't Cry, November Rain, dan Estranged, yang ditunjang video klipnya yang menawan. Pada waktu pembuatan klip Don't Cry, Slash memasang poster yang bertuliskan "Where's Izzy" dan ini menyatakan bahwa GNR masih membutuhkan Izzy sebagai penulis terbaiknya. Serbuan musik grunge yang dipelopri oleh Nirvana dan Pearl Jam menggulung Amerika di pertengahan 90-an dan menggeser dominasi GNR. Nyatanya GNR hanya mampu merilis "The Spaghetti Incident" (1993) yang isinya hanya cover version dari sejumlah hit nostalgia dengan andalannya"Since I Don't Have You" (yang sebenarnya dibawakan oleh The Skyliners). Pertengahan 1994 beredar rumor bubarnya GNR. Akibat pertentangan antara Axl yang ingin mengarahkan GNR ke musik Industrial, dan Slash yang ingin tetap di jalur Hard Rock dengan pengaruh blues. Group ini semakin tidak jelas nasibnya setelah Slash keluar untuk membentuk Slash's Snakepit yang telah merilis 2 album. Tahun 1996 Slash resmi keluar. Kabarnya gitaris Zakk Wlyde (Eksozzy Osbourne) Menggantikan posisinya namun tak satu album pun yang dirilis sampai saat ini. Gilby Clarke dan Duff McKagan pun masing-masing telah bersolo karier. Akhir 1999, lagu terbaru GNR dalam delapan tahun, "Oh My God" muncul di soundtrack film "End Of Days". Akhir 1999, Geffen merilis dobel album "live era: 1987-1993".
From (songs' world).
Diskografi :
Live! Like a suicide ep (1986)
Appetite For Destruction (1987)
GNR Lies (1989)
Use Your Illusion 1 (1991)
Use Your Illusion 2 (1991)
The Spaghetti Incident? (1993)
Live Era : 1987-1993 (1999)